Senin, 09 Mei 2011

Geliat Al-Quran di UIN Maliki Malang

Geliat al-Quran semakin nampak di UIN Maliki Malang. Gairah membumikan al-Quran tak terbatas di kalangan komunitas Hai’ah Tahfidz al-Quran (HTQ) saja, melainkan menyentuh semua strata sivitas akademika Kampus Hijau ini.

Di lingkungan mahasiswa, gerakan cinta al-Quran diwujudkan dengan kegiatan tashih al-Quran yang gelar di dua masjid yaitu Masjid Ulul Albab dan Masjid at-Tarbiyah. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB ini berlangsung dari hari senin hingga kamis secara periodik. Adapun mushahihnya merupakan para hafidz-hafidzah yang telah tersertifikasi bacaan al-Qurannya.

Tak hanya mahasiswa yang wajib ditashih bacaannya, dosen dan karyawan pun wajib menyetorkan bacaan al-Qurannya kepada mushahih yang telah ditunjuk. Dalam hal ini yaitu Ust. H. Muhammad Adnin, SQ. Setiap harinya ia bertugas untuk menyimak bacaan rekan-rekannya mulai dari dosen, pegawai adminstrasi, hingga security UIN Maliki Malang.

Tidak berhenti sampai di situ, Kampus Ulul Albab ini juga mewujudkan kecintaannya terhadap al-Quran dengan menggelar khatm al-Quran pada malam jum’at setiap akhir bulan. Terkadang, acara ini juga dihadiri oleh orang-orang ternama seperti Hj. Shinta Nuriyah (istri KH. Abdurrahman Wahid), jamaah Riyadhul Jannah, mahasiswa asing, dsb. Semoga berbagai tradisi baik ini dapat dilestarikan di Kampus Ulul Albab hingga kapan pun jua. Amien..
Potret kegiatan tashih al-Quran di UIN Maliki Malang














Tidak ada komentar:

Posting Komentar